BUMI HUJAUKU YANG INDAH

BUMI HUJAUKU YANG INDAH

Jumat, 15 Januari 2010

KERETA API KU YANG MALANG



Sungguh malang nasib transportasi di negriku, itulah yang terjadi saat ini. Alat transportasi darat maupun udara yang semakin lama semakin tua dan dimakan usia, dengan perawatan yang seadanya dan kurang perhatian. Pemerintah memang kurang perhatian dalam penanganan masalah alat transportasikita. Prihatin sekali jika alat transportasi yang kita gunakan sehari-hari sudah tidak layak dan jauh dari keamanan dan kenyamanan.

Kereta api memang salah satu alat transportasi yang sangat penting untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah lain yang sangat jauh, kemampuan kereta api yang sangat besar dan mampu untuk membawa banyak kapasitas manusia maupun barang memang menjadi alternatif selain pesawat terbang dan bus. Tetapi dengan sedemikian banyak dan berat dari fungsi kereta api maka perlu juga adanya kenyamanan dan keamanan yang lebih menunjang, dengan jalan perawatan dan perbaikan berkala mungkin bisa menunjang kenyamanan dan keamanan. Namun sebenarnya banyak yang tidak berpuas hati dengan keadaan kereta api yang ada sekarang ini, memandangkan bahwa usianya yang terlalu lama dan tidak sesuai dengan penggunaannya.

Banyak hal yang terjadi dalam perkereta apian indonesia, kereta api di indonesia sudah ada sejak jaman Belanda namun penggunaan rel kebanyakan masih menggunakan bawaannya sejak kereta api ada, maka dari itu kelayakan rel sangat diragukan para pengguna. Jika saja ada kerusakan rel kereta dapat juga mengakibatkan kecelakaan yang sangat fatal. Bahkan banyak sekali pencurian bantalan-bantalan rel yang terjadi sekarang ini demi untuk kepentingan pribadi oleh opnum-opnum yang tidak bertanggung jawab. Saya sedih dengan keadaan kereta api saat ini, dilihat dari sisi kelayakan mungkin kereta api kita sudah tidak layak, namun apa boleh buat kita juga harus menggunakannya dengan berbagai kewas-wasan yang terlintas di dalam hati dan pikiran kita.

Jika dibandingkan kereta kita dengan kereta di di cina saja misalnya kita kalah jauh dengan mereka. Di cina baru-baru ini menciptakan kereta yang bisa menembus kecepatan 300km/jam dan kereta itu sudah digunakan sejak desember lalu, dengan kenyamanan dan keamanan yang menunjang didalamnya, dan dengan tekhnologi yang sangat cangih yaitu tanpa roda tetapi nmenggunakan magnet sehingga tidak ada gesekan dan alhasil bisa menembus kecepatan yang sangat tinggi. Maka dari itu sangat diperlukan perawatan dan perhatian yang lebih untuk kereta api di indonesia dari pemerintah, atau bahkan kalau perlu diganti dan diperbaharui kereta dan relnya.

1 komentar:

  1. kereta api memang saat ini kurang diperhatikan oleh negara. bahkan saat-saat kemarin saja banyak terjadi kecelakaan kereta api akibat anjlok. kondisi rel yang kurang baik dan sudah usang menjadi pemicunya. bahkan kondisi di pinggiran rel, terutama di kota besar seperti Jakarta, banyak dijadikan pemukiman yang padat sehingga kereta api pun harus berhati-hati. tak bisa dibayangkan jika terjadi kecelakaan di temapt itu. so sangat diperlukan perhatian untuk perbaikan jalur kereta api maupun kereta api itu sendiri ..

    BalasHapus